Imarah Islam Afghanistan Tangkap 20 Anggota Hizbut Tahrir Usai Aksi Dukung Palestina

Aktivis dari Hizbut Tahrir Afghanistan melakukan aksi protes menentang film anti-muslim Amerika di Kabul, pada 16 September 2012. [Foto: Hizb-ut-tahrir info] 


GoBeritaGo, GHAZNI – Otoritas Taliban atau Imarah Islam Afghanistan (IIA) menahan 20 orang yang tergabung dalam kelompok Hizbut Tahrir (HT) usai melakukan aksi dukungan pada Palestina. 

Dilansir Hasht-e Subh (26/10/2023), penangkapan anggota HT oleh IIA ini dilakukan pekan lalu di provinsi Ghazni.

Belum ada konfirmasi dari IIA terkait penangkapan itu, namun sejumlah pihak menduga pengkapan terjadi kaerna anggota HT menyalahkan otoritas IIA yang tidak mengirim tentara ke Palestina. 

Dalam setiap aksinya di berbagai wilayah, HT kerap menyuruh penguasa dimana mereka tinggal untuk mengirimkan tentara agar dapat membantu warga Palestina. 

Sebelumnya, pada awal pemerintahan IIA, beberapa anggota HT di provinsi tertentu menyambut baik dan melakukan baiat kepada IIA. Namun, beberapa bulan kemudian, IIA melarang aktivitas HT, bersama Jamiat-e-Islah dan Najm.

Hasilnya, puluhan angggota provinsi Baghlan, Ghazni, Kapisa, dan Takhar ditangkap karena dianggap merongrong pemerintahan IIA.

Hanoum/Arrahmah 

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel